Meditasi Saat Karantina Mandiri Bantu Meningkatkan Imunitas Dengan Cepat – Sebagian besar orang mungkin sudah terhitung satu bulan menjalani karantina mandiri atau melakukan physical distancing karena wabah virus corona. Reaksi yang dirasakan pun bagi beberapa orang beragam, mulai dari kesehatan fisik menurun, imunitas sulit terjaga, ada pula yang kesehatan mentalnya mulai terganggu. Hal biasa jika merasa cemas dengan situasi seperti ini, namun dengan kondisi yang tidak kondusif selama beberapa waktu, inilah saatnya untuk melakukan meditasi.

Mengutip CNN Indonesia telah menyebutkan berbagai studi telah menunjukkan manfaat meditasi bagi kesehatan. Beberapa di antaranya adalah menghilangkan rasa khawatir dan stres berlebihan. Selain itu, dapat meningkatkan fokus dan daya ingat. Salah satu penelitian yang dapat dilihat adalah hasil yang telah dikerjakan New York University. Hasilnya adalah ditemukan bahwa meditasi 15 menit per hari selama delapan minggu mampu mengurangi rasa lelah dan kecemasan.

Ada pula penelitian yang dipublikasikan oleh Behavioral Brain Research pada tahun 2019 mengenai meditasi. Jika mengikuti meditasi yang dipandu, hal tersebut manjur untuk meningkatkan suasana hati dan kesejahteraan hidup. Biasa juga disebut dengan well being. Mengutip dari Medical Daily, jika ingin melakukan meditasi harian, biasa dilakukan singkat. Walau begitu, efek yang dirasakan akan setara dengan durasi lama dan intensitas tinggi.

KUNCI MEDITASI DAN KAPAN KAMU BISA MULAI MEDITASI

Agar meditasi yang dilakukan berhasil, perlu juga perhatikan beberapa saran dari para ahli. Terdapat kunci pada meditasi, bukan perkara seberapa lama kegiatan dilakukan. Bukan juga seberapa lama kamu dapat duduk diam tanpa melakukan apapun. Namun, konsistensi kamu dalam melakukan meditasi dengan benar dalam keseharian. Dengan kamu dapat mempraktikannya dalam kehidupan karantina mandiri kamu sehari-hari, kamu mampu memegang kendali diri kamu sendiri.

Maka dari itu, selama kamu melakukan Work From Home atau waktu kamu benar-benar senggang. Pergunakan waktu kamu, setidaknya 15 menit untuk bermeditasi. Kamu bisa temukan satu titik yang tenang saat di rumah agar dapat merefleksikan diri. Kamu pun dapat menemukan hal baru tentang diri kamu sendiri yang belum pernah kamu tahu atau kamu alami sendiri. Dengan kamu menyempatkan diri untuk meditasi, kamu pun telah memberi jeda tubuh kamu dari rasa tegang, khawatir, dan takut karena virus corona.

UNTUK MEMULAI MEDITASI

Untuk memulai meditasi, pastikan kamu punya spot khusus yang tidak mengganggu fokus kamu atau menjadi distraksi utama kamu. Kemudian, jika kamu perlu duduk atau berbaring, pastikan posisi kamu sudah cukup nyaman agar tidak terdistraksi juga pelepasan energi pun akan lancar. Setelah itu kamu bisa atur ritme pernapasan kamu, hirup udara melalui hidung dan hembuskan melalui mulut. Rasakan setiap sensasi pernapasan kamu mulai dari hidung, kemudian ke dada, dan perut.

Untuk mengetahui pernapasan seperti apa yang perlu kamu lakukan, kamu bisa mulai pejamkan mata dan atur napas. Kamu bisa sambil berhitung dimulai dari lima detik tarik napas, tujuh detik tahan di perut, kemudian hembuskan tujuh detik. Jika kamu sudah mulai menguasai hitungan tersebut, kamu bisa tambah waktunya. Dalam kondisi mata masih terpejam, biarkan pikiran kamu bebas tanpa memikirkan apapun selama 20 hingga 30 detik. Pastikan konsentrasi kamu terjaga tanpa distraksi apapun. Setelah kamu sudah menikmati rasa damai yang kamu rasakan, kamu sudah bisa membuka mata kamu. Kamu pun sudah lebih siap dalam menghadapi hari dan virus corona.

MENINGKATKAN KONSENTRASI DENGAN MENGUATKAN INDERA PENGECAP JUGA BISA

Dengan kamu terbiasa dengan hal tersebut, indera pengecap kamu pun bisa diandalkan untuk meningkatkan konsentrasi kamu. Mengutip The New York Times, mindful eating atau cara makan pun dapat meningkatkan ketenangan dalam beraktivitas. Caranya, kamu bisa perhatikan segala yang berkaitan dengan pola makan. Dimulai dari rasa lapar, dan kenyang, apa yang perlu kamu makan, dan merasakan sensasi di mulut saat lidah kamu mengecap rasa. Dengan begitu kamu mampu membiasakan pikiran untuk berkonsentrasi penuh dan lebih perhatian layaknya kamu sedang meditasi.

Meditasi Saat Karantina Mandiri Bantu Meningkatkan Imunitas Dengan Cepat