Bermacam Manfaat Meditasi, Termasuk Mencegah Pikun – Kegiatan meditasi semakin populer di Indonesia. Aktivitas yang menenangkan hati dan pikiran ini punya banyak manfaat untuk kesehatan. Jika Anda menganggap bahwa manfaat meditasi hanya sekadar mengusir stres saja, kini saatnya mengubah persepsi itu.

Manfaat meditasi sangatlah beragam. Tidak hanya ampuh menghilangkan perasaan penat di dalam pikiran saja, tapi bisa mencegah kepikunan. Simak 8 manfaat meditasi:

  1. Mengusir stres
    Manfaat meditasi yang pertama dan paling populer adalah menghilangkan stres. Satu studi yang mengikutsertakan 3.500 orang dewasa menunjukkan, bermeditasi bisa membantu mereka mengurangi perasaan stres. Pada studi lainnya, sebuah gaya meditasi bernama “mindfulness meditation”, bisa mengurangi respon peradangan dalam tubuh yang disebabkan oleh stres.
  2. Mengontrol rasa cemas
    Ketika stres sudah hilang, itu artinya gangguan cemas bisa dikontrol. Dalam sebuah studi yang berlangsung 8 minggu, meditasi berhasil membantu para partisipan mengurangi rasa cemas dalam pikirannya. Manfaat meditasi seperti mengontrol rasa takut (fobia) hingga panic attacks, juga berhasil dibuktikan dalam studi tersebut.Studi lainnya mencoba membuktikan efektivitas meditasi, dengan cara meminta laporan dari mereka yang sudah bermeditasi. Hasilnya, manfaat meditasi dapat dirasakan untuk jangka waktu yang panjang.
  3. Meningkatkan kesadaran diri
    Manfaat meditasi lainnya adalah membantu Anda mengeluarkan sisi terbaik yang Anda miliki. Sebab, bermeditasi mengajarkan Anda untuk berpikir positif terhadap diri sendiri. Sebab, masih ada orang yang tidak percaya diri dan cenderung meremehkan dirinya sendiri.

    Dalam sebuah studi, 40 pria dan wanita dewasa berhasil mengalahkan rasa kesepian dengan mengikuti program meditasi. Studi lainnya membuktikan, wanita pengidap kanker payudara berhasil meningkatkan rasa percaya dirinya dalam melawan penyakit mengerikan itu.

  4. Meningkatkan konsentrasi dan perhatian
    Bermeditasi dapat diibaratkan seperti olahraga di gym. Bedanya, di gym Anda membesarkan otot. Kalau bermeditasi, Anda memperkuat konsentrasi dan perhatian! Contohnya, sebuah studi yang berjalan selama 8 minggu, berhasil membuktikan kalau meditasi bisa memperpanjang kemampuan partisipan dalam memerhatikan dan berkonsentrasi.Studi lainnya juga menunjukkan bahwa manfaat meditasi dapat memperkuat kemampuan berkonsentrasi partisipan dalam mengerjakan tugas-tugas di kantor.
  5. Mencegah pikun
    Meditasi mampu meningkatkan kemampuan Anda dalam memerhatikan sesuatu, sehingga pikun dapat dicegah.
    Salah satu metode meditasi yang bisa mencegah pikun bernama Kirtan Kriya. Dalam sebuah studi, meditasi ini bisa membantu partisipan dalam mengingat lebih baik.
  6. Memberikan motivasi untuk jadi lebih baik untuk diri sendiri dan orang lain
    Sebuah meditasi bernama Metta, ternyata diklaim mampu membuat Anda berpikir dan berperilaku lebih baik pada diri sendiri dan orang lain. Melalui latihan meditasi ini, Anda bisa belajar untuk berpikir dan berperilaku baik tidak hanya pada diri sendiri dan teman-teman, tapi juga pada orang yang Anda anggap sebagai musuh.Sekitar 22 studi telah membuktikan, manfaat meditasi yang satu ini bisa membuat orang-orang lebih bersimpati pada orang lain.
  7. Membantu hilangkan kecanduan
    Kedisiplinan mental yang Anda bangun lewat meditasi, ternyata bisa membantu Anda menghilangkan kecanduan dan ketergantungan terhadap satu hal. Satu studi yang melibatkan pemabuk berat, terbukti bisa mengontrol rasa ingin mereka terhadap minuman beralkohol. Tidak hanya itu, meditasi ternyata juga bisa mengontrol rasa ingin makan berlebihan.
  8. Meningkatkan kualitas tidur
    Manfaat meditasi selanjutnya adalah meningkatkan kualitas tidur. Sebuah studi mencoba membuktikannya, dengan meminta grup pertama untuk bermeditasi, sedangkan grup selanjutnya tidak. Grup yang melakukan meditasi berhasil tidur lebih cepat dan jam tidurnya bertambah. Ternyata, manfaat meditasi ini terbukti efektif karena bisa mencegah insomnia.

Sumber :Tempo.Co

Bermacam Manfaat Meditasi, Termasuk Mencegah Pikun