Melakukan hubungan seksual memang jadi salah satu kegiatan yang perlu rutin dilakukan oleh pasangan suami-istri. Selain memberikan kenikmatan dan kebahagiaan, berhubungan seksual juga meningkatkan keintiman di antara pasangan.

Untuk mempertahankan kualitas hubungan seksual, Anda perlu memerhatikan asupan sehari-hari.

Pasalnya, ada beberapa bahan makanan yang dianggap dapat menurunkan gairah seksual, salah satunya daun mint.

Daun mint memang banyak ditemukan sebagai campuran atau garnish pada makanan, kue, dan minuman segar. Selain rasanya yang unik, daun mint juga menghadirkan cita rasa segar dan membantu atasi bau mulut.

Namuni, tahukah Anda? Beberapa studi mengklaim bahwa mengonsumsi daun mint terlalu banyak bisa menurunkan gairah seksual.

Melansir Healthline, daun mint dapat berefek terhadap kinerja testosteron. Hal ini dibuktikan lewat salah satu studi terhadap 42 wanita selama satu bulan.

Sejumlah patisipan tersebut mengonsumsi teh spearmint setiap hari. Nyatanya, kadar testosteron mengalami pengurangan signifikan.

Hal ini juga terjadi terhadap penelitian yang dilakukan pada hewan tikus. Setelah memberikan tikus essential spearmint oil selama 20 hari, kadar testosteron dalam tubuh hewan tersebut mengalami penurunan.

Hanya saja, sebagian besar penelitian tentang daun mint ini lebih berfokus pada wanita dan penelitian terhadap hewan.

Jadi, diperlukan lagi penelitian pada manusia yang lebih mendalam dan fokus pada kedua jenis kelamin untuk menilai bagaimana mint memengaruhi kadar testosteron pada pria dan wanita.

Hal yang sama juga dikatakan oleh dr. Devia Irine Putri. Menurutnya, masih sangat sedikit penelitian yang mengaitkan daun mint dengan penurunan gairah seksual. Karenanya, pernyataan daun mint bisa menurunkan gairah seksual juga belum tentu benar.

“Kalau dari sumber di atas, disebutkan penelitiannya masih terbatas, tidak bisa disimpulkan langsung,” ujar dr. Devia.

“Pada penelitian yang ada, disebutkan bahwa wanita yang minum teh mint secara teratur mengalami penurunan testosteron. Selain itu, penelitian pada tikus juga menunjukkan penurunan kadar testosteron. Rata-rata penelitiannya ini pada wanita dengan PCOS atau hewan,” jelasnya.

Sumber : klikdokter.com

Bahaya Daun Mint, Bisa Menurunkan Gairah Seksual